Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Batalkan Kelulusan 386 Siswa yang Lulus SNMPTN 2015

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Banda Aceh - Berita yang kurang menyenangkan datang dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang dengan terpaksa membatalkan kelulusan 386 siswa yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2015 beberapa waktu yang lalu.

Ratusan siswa SMA yang dinyatakan gagal itu sebagian besar berasal dari berbagai wilayah di Sumatera dan beberapa dari pulau Jawa. Mereka gagal setelah dinyatakan lulus SNMPTN Unsyiah 2015 karena tidak lolos di tahap verifikasi data raport dan dokumen lainnya.

Humas Unsyiah, Ilham Maulana, menjelaskan, ada sekitar 2.350 calon mahasiswa yang ikut serta dalam tahap verifikasi. Namun hanya 1.964 siswa yang berhasil lolos, sedangkan 386 lainnya harus gugur karena kelengkapan berkas yang tidak memadai.
"Di antara yang gagal menjadi mahasiswa Unsyiah tersebut, terdapat mereka yang memang tidak datang, atau tidak menyerahkan dokumen asli saat verifikasi yang dilakukan seminggu yang lalu," kata Ilham, yang dikutip dari Okezone.com (1/6/2015).
Sebelumnya pihak Unsyiah telah mengumumkan hasil tahapan verifikasi kepada para calon mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan dan memberikan kesempatan untuk melengkapi berkas yang akan diikutsertakan pada tahapan verifikasi kedua. Namun ternyata himbauan tersebut tidak begitu diperhatikan dan alhasil hanya beberapa siswa saja yang lolos di tahap verifikasi kedua ini. Dengan begitu, Unsyiah sah menyingkirkan 386 nama dari 2.350 lulusan SNMPTN kali ini.
"Beberapa di antara mereka ditemukan kejanggalan pada dokumen yang mereka serahkan. Namun kepala sekolah tempat para siswa ini berasal diberi kesempatan untuk datang ke Unsyiah dan mengklarifikasi berbagai kejanggalan yang ditemukan oleh tim verifikasi," tutur Ilham.
Sedangkan dikesempatan lain, Unsyiah juga tengah memeriksa dokumen dan keabsahan berkas pelamar Bidikmisi. Dari ribuan pelamar Bidikmisi Unsyiah, akhirnya 706 pelamar dinyatakan lulus SNMPTN 2015.
"Jumlah calon penerima beasiswa Bidikmisi yang sudah lulus seleksi itu bisa saja berkurang lagi setelah mereka menjalani proses verifikasi nantinya. Jadwal verifikasi dan pendaftaran ulang diumumkan via laman resmi Unsyiah," ujar Ilham.
Akhirnya kami mengucapkan Selamat, bagi kalian yang lulus SNMPTN 2015 Universitas Syiah Kuala. Semoga sukses dan jadilah kebanggaan di keluarga dan masyarakat.

Related Posts: