Penerimaan PNS Ditutup, Sarjana Bermodal IPK Terancam Menganggur!

Mahasiswa semester akhir dan alumni yang hanya lulus bermodal IPK mulai khawatir dengan kondisi ini. Jika penerimaan PNS benar-benar ditutup, Sarjana tanpa Skill terancam akan menganggur.

Kekhawatiran yang sama juga turut dirasakan oleh wakil Presiden Jusuf Kalla. JK khawatir akan masa depan para mahasiswa yang saat ini masih berjuang untuk dapat lulus di Perguruan Tinggi.
Foto: Antara/Eric Ireng
Hal tersebut terkait dengan aturan pemerintah yang tak akan membuka lowongan PNS sampai dengan 5 tahun kedepan, kecuali untuk PNS guru dan dokter. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di lingkungan pemerintahan bagi Sarjana semakin menipis. Jika hal tersebut tidak tercapai, dipastikan jumlah Sarjana menganggur akan semakin tinggi.

Menurut JK, yang tadinya setiap tahun bisa mencapai jutaan orang yang masuk PNS, hanya akan tersisa 10.000.

"Jadi, ke mana alumni perguruan tinggi nanti," kata JK di Istana Wakil Presiden, kepada News.Viva.co.id (21/01/2015).

Melihat kondisi ini, JK hanya bisa memberikan 2 pilihan kepada para Sarjana yakni dengan bekerja di perusahaan swasta atau membuka usaha sendiri (wirausaha). Jika dua pilihan diatas tidak tercapai, maka dipastikan Sarjana akan menganggur hingga 5 tahun kedepan.

Maka dari itu, JK menghimbau kepada Apindo dan pihak Perguruan Tinggi untuk menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan swasta, agar lulusan perguruan tinggi masing-masing dapat terserap dan masuk ke dunia kerja.

Related Posts: